www.biologi-art.com, wadah untuk berbagi bahan ajar dan materi-materi pelatihan/seminar Pendidikan Biologi

PENYIMPANGAN SEMU HUKUM MENDEL

  PENYIMPANGAN SEMU HUKUM MENDEL

 (KRIPTOMERI)

 Kriptomeri adalah peristiwa tersembunyinya suatu gen dominan jika tidak berpasangan dengan gen dominan dari alel lainnya. Jadi, jika gen dominan tersebut berdiri sendiri, maka sifatnya akan tersembunyi (kriptos). Contoh kasus kriptomeri terdapat pada persilangan bunga Linaria maroccana. Warna bunga Linaria maroccana dipengaruhi oleh 4 gen, yaitu:

A = terbentuk pigmen antosianin

a = tidak terbentuk pigmen antosianin

B = protoplasma basa

b = protoplasma asam

Misalkan, akan dilakukan persilangan pada bunga Linaria maroccana berwarna merah dengan bunga Linaria maroccana berwarna putih, maka persilangan dapat dijelaskan dengan cara:

Antosianin adalah pigmen yang akan memicu pembentukan warna pada bunga Linaria maroccana. Artinya tumbuhan Linaria yang memiliki gen A akan menghasilkan bunga yang berwarna, sedangkan yang tidak punya  gen A bunganya akan albino (putih).  

Namun warna yang ditimbulkan oleh antosianin tergantung dari tingkat keasaman (pH) protoplasma sel. Jika protoplasma bersifat basa (dipengaruhi oleh gen B) maka akan timbul warna ungu, sedangkan ketika protoplasma bersifat asam (dipengaruhi gen b) maka akan muncul warna merah.

Berarti warna bunga pada Linaria maroccana ini ga cuma dipengaruhi oleh gen penentu pigmen ya, tapi juga dipengaruhi oleh gen penentu pH protoplasma. Untuk detailnya, bisa disimak pada gambar berikut:


Perhatikan pola genotif dan fenotif berikut ini:

Untuk mendalami materi ini, mari kita lakukan percobaan Baling-Baling Genetika berikut ini:

Langkah-Langkah percobaan dapat disimak melalui video di bawah ini!



No comments

www.biologi-art.com, wadah untuk berbagi bahan ajar dan materi-materi pelatihan/seminar Pendidikan Biologi
Powered by Blogger.