www.biologi-art.com, wadah untuk berbagi bahan ajar dan materi-materi pelatihan/seminar Pendidikan Biologi

BERINKUIRI DENGAN PERCOBAAN FOTOSINTESIS



BERINKUIRI DENGAN PERCOBAAN FOTOSINTESIS

oleh : Noor Rahmadani




Inkuiri adalah suatu proses untuk memperoleh informasi ilmiah dengan jalan melakukan observasi dan atau suatu percobaan untuk mencari jawaban pertanyaan atau memecahkan masalah yang telah dirumuskan dengan menggunakan kemampuan berpikir logis, analitis, dan kritis. Menurut Sadia (2014), upaya peningkatan prestasi belajar peserta didik dalam pembelajaran Sains melalui peningkatan kualitas proses pembelajaran telah dilakukan pengembangan model pembelajaran yang memberi tekanan pada keterlibatan peserta didik dalam proses pembelajaran melalui kegiatan-kegiatan yang berorientasi pada inquiry. Model pembelajaran inquiry berlandaskan atas filosofi bahwa peserta didik akan termotivasi untuk belajar jika mereka terlibat secara langsung dalam proses pembelajaran. Disamping itu, model pembelajaran inquiry dilandasi oleh prinsip belajar learning by doing.

Sintaks model pembelajaran inkuiri terdiri atas enam langkah yaitu: 1) merumuskan masalah, 2) mengajukan hipotesis, 3) merancang dan melakukan eksperimen, 4) mengumpulkan dan mengolah data, 5) interpretasi hasil analisis data dan pembahasan, dan 6) menarik kesimpulan. Terdapat tujuh macam model pembelajaran inkuiri yaitu: 1) Model inkuiri terbimbing (guided inquiry); 2) Model Inkuiri bebas (free inquiry); 3) Model inkuiri termodifikasi (modified inquiry); 4) Model inkuiri invitasi (invitation to inquiry); 5) Model pictorial riddle; 6) Model syneticts lesson; dan 7) Model klarifikasi nilai (value clarification). Masing-masing model inkuiri tersebut memiliki karakteristik yang berbeda serta intesitas peran guru dalam proses pembelajaran juga berbeda. Pemilihan terhadap salah satu macam model-model inkuiri sangat ditentukan oleh karakteristik peserta didik, karakteristik materi pelajaran, sumber belajar, serta tujuan khusus yang ingin dicapai. 

Materi pembelajaran biologi pada Subtopik Fotosintesis terbilang cukup sulit dicerna dikarenakan isi materi yang melibatkan proses-proses yang rumit dan kompleks. Untuk mengoptimalkan pencapaian tujuan pembelajaran dari materi ini, guru dapat memberi kesempatan kepada peserta didik untuk berinkuiri dan mencoba sendiri menemukan konsep Fotosintesis. Salah satu metode percobaan yang dapat digunakan untuk membuktikan bahwa fotosintesis menghasilkan oksigen adalah Floating Leaf Disk Assay.

Langkah-langkah yang dilakukan, pertama membuat disk dari daun misalkan dari daun bayam. Disk dibuat dengan menggunakan pelubang kertas agar ukurannya sama. Kemudian disk daun bayam dimasukkan ke dalam piston yang dibuat dari batang suntikan, misalnya suntikan tinta printer. Cairan sodium bikarbonat atau baking soda lalu dimasukkan ke dalam piston yang berisi daun bayam tadi. Fungsi penambahan baking soda adalah sebagai sumber karbon atau bahan baku fotosintesis. Disk bayam kemudian dibuat menjadi tenggelam, dengan cara menutup ujung piston dengan jari, lalu piston ditarik kuat. Ketika piston ditarik, tekanan udara di dalam tabung suntikan akan berkurang menjadi sangat kecil. 

Diantara sel daun tanaman terdapat ruang antar sel, yang apabila udara didalamnya dipaksa keluar, akan membuat disk daun bayam tenggelam dalam larutan sodium bikarbonat. Dengan demikian, modifikasi lingkungan dapat dilakukan, bisa berupa pemberian warna cahaya yang berbeda terhadap disk daun bayam atau pengaruh suhu. Daun yang paling cepat mengapung adalah daun yang paling banyak menghasilkan gas oksigen, sehingga ruang antarselnya terisi udara lebih cepat. Hal ini sesuai dengan prinsip fotosintesis, yang menghasilkan gas O2. Jika fotosintesis terjadi, maka ruang antarsel yang semula kosong, akan terisi kembali oleh oksigen. Pengisian ruang antarsel dengan gas oksigen, menyebabkan massa jenis disk bayam menjadi turun, sehingga akan mengapung ke atas permukaan larutan.



Gambar Alat dan Bahan Percobaan Floating Leaf Disk Assay



Gambar Membuat Disk Daun Bayam



Gambar Disk Daun Bayam yang Mengapung



Video Percobaan Floating Leaf Disk Assay

DAFTAR PUSTAKA

Sadia, I Wayan. 2014. Model-Model Pembelajaran Sains Konstruktivistik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

TIM TOBI. 2018. Biologi: Konsep dan Skill Laboaratorium. Bandung: Penerbit ITB.

http://www.elbiology.com/labtolls/Leafdisk.html

Youtube



Materi dalam bentuk pdf:

No comments

www.biologi-art.com, wadah untuk berbagi bahan ajar dan materi-materi pelatihan/seminar Pendidikan Biologi
Powered by Blogger.