www.biologi-art.com, wadah untuk berbagi bahan ajar dan materi-materi pelatihan/seminar Pendidikan Biologi

PASANGAN BASA NITROGEN

 PASANGAN BASA NITROGEN

Materi Kelas XII MIPA SMAN 1 Hampang

Basa nitrogen adalah molekul organik dengan atom nitrogen yang memiliki sifat kimiawi basa. Dalam nukleobasa DNA  ditemukan beberapa senyawa, 
1. Basa Purin yakni: Guanin (G) dan Adenin (A)
2. Basa Pirimidin yakni: Sitosin (C) dan Timin (T)
Singkatan :     
PURI GUA = PURIn GUanin Adenin
PIRI SITI   = PIRImidin SItosin TImin

Dalam rantai DNA, setiap basa purin akan selalu berpasangan dengan basa pirimidin. Pasangannya adalah Adenin (A) berpasangan dengan Timin (T) ataupun sebaliknya, dan Guanin (G) berpasangan dengan Sitosin (C) ataupun sebaliknya.
Singkatan : 
AMIN = Adenin tiMIN
GUSI = GUanin SItosin

Pasangan Adenin - Timin / Timin - Adenin dihubungkan oleh 2 ikatan hidrogen lemah. Sedangkan Pasangan Guanin - Sitosin / Sitosin - Guanin dihubungkan oleh 3 ikatan hidrogen lemah. Perhatikan gambar berikut:


Cara mengingat : cukup kita ingat TIGA untuk mengingat  GuAnin, karena pasangan guanin-sitosin ada TIGA ikatan hidrogen. Maka otomatis pasangan adenin - timin ada 2 ikatan hidrogen lemah.

Pasangan basa nitrogen pada DNA ini akan menentukan Kode Genetik/Kodon DNA. Kodon dalam Biologi Molekuler terdiri atas 3 basa nitrogen (triplet), contohnya ATG, GGG, GTA, AAA dan sebagainya.
 Ada dua rantai pada DNA yaitu rantai Sense (coding/antitemplate) dan Antisense (non coding/template). Perhatikan gambar berikut:



Contohnya : Jika kodon di rantai sense adalah ATG - GGG, maka kodon di rantai antisense adalah TAC - CCC.


No comments

www.biologi-art.com, wadah untuk berbagi bahan ajar dan materi-materi pelatihan/seminar Pendidikan Biologi
Powered by Blogger.